Kaligrafi dan Kartun

Saya sama sekali tidak tahu kalau ternyata kartun juga mempunyai kaitan dengan kaligrafi.

Suatu hari teman saya Wahyu Kokkang, kartunis di koran Jawa Pos, bilang bahwa di negara yang mengenal kaligrafi rata-rata mempunyai kartunis-kartunis andal. “Sebut saja, Iran, Syiria, Kuwait, Turki, mereka mempunyai kartunis-kartunis hebat,” katanya.

Kemudian dia menganalisis, bahwa memang ada kaitan dengan kaligrafi dan kartun. “Kaligrafi yang ditulis manual itu mungkin membuat tangan menjadi gemulai, sehingga dalam menggambar pun juga terasah.”

Kalau saya analisa, memang ada benarnya. Beberapa karikatur-karikatur yang termuat di majalah timur tengah rata-rata mempunyai gambar yang bagus. Tidak hanya itu, ide mereka dalam membuat karikatur juga cemerlang. Sebut saja Iran, kerap mempertontonkan karikatur yang menyentil Amerika.

Kaligrafi dan kartun, meski bukan seni yang sama keduanya membutuhkan keterampilan tangan dalam membuat coretan. “Orang Jawa rata-rata juga bagus dalam membuat kartun,” kata teman saya itu. Karena tradisi menulis huruf Jawa sama halnya menulis huruf-huruf kaligrafi.

Beberapa waktu lalu, ketika diadakan Giza Cartoon, teman saya juga mengirimkan beberapa karyanya. Namun sayang, karikatur buatannya masih kalah dengan kartunis lain. Peserta Indonesia, hanya menempati juara dua.


  1. rizwan

    kaligrafi ini sangat bagus untuk pelajar

  2. Selamat menikmati artikel kaligrafi..klik aja terus bg yg suka dg artikel ini.

  3. Salam sukses..,maaf tdk bisa berkomentar.

  4. khujazi, s.pd.i

    terimakasih saya membacanya semoga penulis mendapat pahala




Tinggalkan komentar